Rabu, 04 Agustus 2010

Bulan Puasa buat Pengangguran

Kurang lebih seminggu lagi bulan ramadhan. Ini bakal menjadi bulan puasa pertama dengan status sebagai pengangguran. Seharusnya bulan puasa ini bisa lebih berkualitas, secara tidak ada kesibukan, tidak ada kuliah lagi. Tidak hanya kualitas ibadah yang harusnya meningkat, tapi kualitas tidur pun sepertinya akan meningkat, hahaha.. Benar-benar waktu yang tepat untuk fokus dengan puasa dan menambah berat badan. Well, sepertinya selama bulan ramadhan ini akan stay di rumah dengan sekali-kali ke bandung buat buka bersama. Mestinya ada peningkatan kualitas nih kalau ada buka bareng. Secara banyak temen kuliah yang udah kerja dengan gaji berjuta-juta. Semoga ada subsidi juga buat yang masih nganggur kek gw.

Bulan puasa ini juga akan menjadi bulan puasa pertama yang akan lebih banyak dihabiskan di rumah setelah 8 tahun hidup di bandung jauh dari rumah. Dari tahun ke tahun benar-benar terasa adanya penurunan kualitas ibadah di bulan ramadhan, apalagi selama kuliah. Pas sma karena kosan masih nyatu sama yang punya kosan jadi lebih terkontrol khususnya makanan buat buka maupun sahur. Tapi setelah kuliah kosannya bener-bener independen a.k.a gak bareng sama yang punya kosan. Kalo bareng juga mereka gak bakal ikut puasa, wong non muslim gitu. Jadi selama kuliah kalo bulan puasa mesti bangun pagi sendiri buat makan sahur, untungnya 2 tahun pertama dikosan ada temen yang selalu bangunin pas sahur. Setelah temen gw tuh pindah kosan di tahun ke-3 gw mesti bangun sendiri kalo gak resmi gak makan sahur, tapi tetep puasa ya. Biasanya untuk mengakali biar bisa bangun pagi dengan  nginep di kampus, yup nginep di himpunan pasti dibangunin lah pas sahur. Kecuali yang lain juga gak bangun, hahahaha.. Pernah sekali waktu nginep dihimpunan, baru nyari makan sahur sekitar jam 4 pagi, itu udah deket dengan waktu imsyak. Rame-rame lah pergi ke depan parkiran SR mo beli nasgor, eh udah habis, terus ke kantin salman, udah habis juga, untung di warung nasi deket kosan masih ada makanan jadi bisa makan sahur.

Hal lain yang terasa banget pas puasa sewaktu masih kuliah adalah praktikum. Asal tau aja praktikum di jurusan gw "minyak" semuanya mulai sore menjelang magrib. Mulai dari tingkat 2 ada praktikum Petrofisik, terus di tingkat 3 praktikum Bor. Kedua praktikum itu sayangnya/senangnya ada di semester ganjil. Jadi kalo tiba bulan puasa dan lagi praktikum pasti buka bareng di lab. Apalagi praktikum bor yang bisa berlangsung seharian, maksudnya seharian disini bener-bener satu hari. Pernah praktikum satu modul tuh mulainya jam 2 siang terus baru kelar jam 2 pagi besoknya, huaah bener-bener praktikum yang bikin capek. Tapi enaknya jadi gak kerasa lagi puasa karena sibuk ngelab. Hal lain yang enak kalo praktikum di bulan puasa tuh jadi banyak dapet makanan gratis, hehe.. Dimana lagi ada acara buka bareng pasti didatengi, datengnya cuma buat ngambil makanannya doang, acaranya sih gak diikutin. Mulai dari buka bareng se ITB, buka bareng se fakultas, buka bareng se jurusan sampe buka bareng jurusan lain pun biasanya didatengi, hehehe namanya juga mahasiswa kalo denger kata gratisan langsung berbunga-bunga.

Sekarang udah bukan mahasiswa lagi plus masih nganggur juga jadi bulan puasa ini mesti dijalanin dengan sebaik-baiknya. Banyakin doa, sholat yang rajin, biar setelah bulan puasa gampang dapet kerja. Aminn..

Tidak ada komentar: