Minggu, 16 Januari 2011

5

Angka 5 (lima, five, 五,) punya banyak arti buat saya. Petualangan saya di Kota Kembang ini dimulai  pula dari angka 5 ini. Selepas SMP atau saat itu disebut SLTP saya diterima (tepatnya sih disuruh) menjadi murid di SMA 5 Bandung. Gedung sekolah yang terletak di jalan belitung no 8 menjadi tempat belajar anak-anak SMA 3 & 5. Kata orang-orang sih ini dua sekolah unggulan, saya sih gak tau awalnya, namanya juga pendatang. Tapi memang selama belajar disana dan berinteraksi dengan para penghuninya sampai lulus setuju gak setuju bisa lah dibilang sekolah unggulan. Unggulan tidak hanya sebatas prestasi akademis saja, tapi beberapa hal lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan buku juga mereka termasuk yang terdepan.
Hal paling saya ingat selama berseragam putih-abu (senin-kamis), baju koko (jumat), baju batik (sabtu), dan setelan maen (hari libur), yang paling diingat tuh parkiran mobilnya panjang pisan. Gimana nggak mulai dari pulau belitung sampai pulau bali, itu mah nama jalan ding! Tapi beneran sih, untuk seukuran SMA, anak-anak disini berlebihan pergi kesekolah bawa mobil sebanyak itu. Kalo saya sih malas bawa kendaraan, lebih enak diantar jemput dengan mobil berbeda-beda setiap harinya (bilang aja ngangkot hehe)..
Masa SMA saya terbilang biasa-biasa saja, peringkat terbaik selama SMA pun hanya 10 besar (bener-bener 10 besar) itu pun hanya sekali-kalinya pas kelas satu. Entah kenapa pas SMP yang tadinya rajin ketika SMA jadi malas apalagi selama kuliah jadi pemalas terbaik bangsa. Kelas satu, pertama kali masuk sehabis MOS (masa orientasi sekolah/ospek) malah salah masuk ruangan, ckckck… Gara-gara hari terakhir MOS saya tidak hadir jadi gak tau dapet kelas apa. Yang mestinya masuk kelas E eh malah masuk kelas F gara-gara ada temen pas MOS disitu. Pas kelas satu ikut 2 ekstrakurikuler, klub bahasa inggris dan karate. Ikut klub bahasa inggris cuma aktif satu tahun, karate berhenti pas kelas dua semester 2. Secara keseluruhan saya termasuk orang yang kuper, punya temen rata-rata nerd, kalo pulang sekolah kerjaannya maen ke taman bacaan buat baca manga/komik, kalo maen ke mall juga paling banter nyangkut di gramed ato gunung agung. Jadi deh tidak pernah tuh merasakan kasih sayang seorang perempuan (selain ibu) selama SMA, hiks..
Kelas dua dan kelas tiga gada yang spesial, apalagi orangnya tetep itu-itu aja (gak dirubah kelasnya). Enaknya udah senior aja, trus gak lagi disuruh-suruh senior di ekskul, karena udah gak aktif lagi, wakakaka… Selain semangat belajar yang terus menurun selama kelas dua-tiga berat badan juga makin turun. Gara-gara jauh dari orang tua, makan tidur juga jadi seenak perut dan mata. Dan berlanjut pas kuliah. Kelas tiga, karena akan menghadapi UAN dan SPMB terpaksa ikutan bimbel. Selepas sekolah 2 hari seminggu saya mesti dibimbing supaya rajin belajar, lulus UAN, dan keterima SPMB. Setidaknya saya hanya merasakan perlu dibimbing di SMA kelas tiga dan pas ngerjain tugas akhir dikampus. Untungnya gak sia-sia ikutan bimbel, dipaksa belajar dan ngerjain soal-soal SPMB dari era orde baru sampe jaman milenium akhirnya saya keterima di Institut Gajah Duduk (hip hip horay)…
Posingan selanjutnya tentang masa-masa kuliah…

Tidak ada komentar: